SEARCH

ShareThis

Rabu, 07 September 2011

Tahayul Cipularang

Untuk Bahan Bacaan :
TAHYUL CIPULARANG DAN FAKTA

Rata2 kecepatan manusia berjalan kaki adalah 6km/jam, atau 1,6 meter/ detik. Saat berjalan kaki, pandangan mata kita +- 20 meter ke depan sebagai jarak aman agar kita tak bertabrakan dengan benda diam atau bergerak di depan kita.

Saat mengendarai motor atau mobil dgn kecepatan 60km/jam, artinya kita meluncur dengan kecepatan 16m/ detik. Pandangan bebas ke depan pun idealnya lebih jauh; meningkat 10 kalinya, yaitu 200 meter.

Setidaknya butuh 4 detik bagi kita untuk bereaksi terhadap pengereman. Mulai dari saat mata melihat halangan di depan, otak memerintahkan kaki untuk menginjak rem, hingga reaksi kaki mengangkat pedal gas dan menginjak rem. Dengan demikian, dalam kondisi sehat, pada kecepatan 60km/jam, Anda membutuhkan jarak minimal 16 meter x 4= 64 meter HANYA untuk reaksi mengerem saja. Belum termasuk waktu yang dibutuhkan mulai dr rem dipijak hingga kendaraan berhenti.

Kejadian yg menimpa Syaiful Jamil dan ribuan orang lain yg mengalami nasib serupa umumnya disebakan mengantuk. Bayangkan, bila 3 detik saja pengemudi tertidur saat mengemudi di kecepatan 100km/jam, maka kendaraan akan berjalan tanpa kontrol sepanjang lebih dari 80 meter (100.000 meter/ 3600 detik) x 3). Hal yg sama terjadi ketika kita melakukan texting (SMSan, BBMan) atau mengangkat dan menjawab panggilan telpon saat mengemudi.

Jadi, makin cepat Anda berkendaraan, maka harus makin jauh jarak pandang bebas Anda ke depan, dan makin lebar jarak iring Anda dengan kendaraan di depan.

Teman-teman, please NO TEXTING WHILE DRIVING. Jaga jarak iring, pandang jauh ke depan dan beristirahatlah segera bila mengantuk saat mengemudi.

Kita ikut berduka untuk bukan saja artis, tapi bahkan pd yg tak kita kenal, yg tertimpa musibah kecelakaan. Tak perlu membelokan persoalan ke mitos KM-KM angker. Kecelakaan bisa terjadi dimana saja, selama kita mengabaikan faktor keselamatan "kecil" sekalipun.

Smg kita semua senantiasa dlm lindunganNya!

Info lain di http://qbomadblack.blogspot.com

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar