SEARCH

ShareThis

Minggu, 23 Desember 2012

3 Komplikasi Diabetes

Tiga Konsekuensi dari Diabetes.
Jika glukosa darah anda tidak terkontrol, kerusakan dapat terjadi pada tubuh anda. Batas gula darah yang normal dibedakan atas dua kondisi, puasa atau sesudah makan. Untuk kondisi puasa (tidak mendapat asupan kalori 8-10 jam sebelumnya), batasnya adalah 100 mg/dL. Sedangkan untuk kondisi sesudah makan atau sewaktu makan, batasnya adalah 140 mg/dL. Lewat dari salah satu ketentuan tersebut, seharusnya masuk pada prediabetes.
Kerusakan dapat dibagi menjadi tiga kategori: iritasi, komplikasi jangka pendek, dan komplikasi jangka panjang.

1. Iritasi
Iritasi merupakan resiko ringan dan bersifat reversibel dari tingginya kadar glukosa darah. Beberapa akibat yang sering dijumpai antara lain sebagai berikut:
Gangguan yang sering terjadi pada Sistem Ekskresi
Organ genital terasa gatal, terutama pada wanita,

2. Komplikasi jangka pendek
Komplikasi ini bisa sangat serius dan mengakibatkan kematian jika tidak dirawat. Komplikasi jangka pendek terkait dengan tingkat glukosa darah yang sangat tinggi - sekitar 400-an ke atas. Tiga resiko utama komplikasi jangka pendek adalah sebagai berikut:
- Ketoasidosis
Penggunaan Madu dalam Perawatan Luka
Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh
Bahaya Menggunakan Minyak Jelantah
Usaha Beternak Kambing Etawah
Resiko Penyakit Si Perut Buncit
Hipertensi dalam Kehamilan / Preeklamsi dan Eklamsi
Papiloma Laring pada Anak
Kuis Resiko Penyakit Jantung
Penjernihan Air Dengan Biji Kelor (Moringa Oleifera)
Informasi Tumbuhan Obat sebagai Anti Jamur
Makanan Pembakar Lemak
Herbal Mujarab Untuk Mengatasi Kolesterol
Komplikasi ini kebanyakan ditemukan dalam diabetes tipe 1. Ini adalah kondisi asam parah dari darah yang dihasilkan dari kekurangan insulin, hormon yang hilang. Pasien menjadi sangat sakit dan akan mati jika tidak diobati dengan cairan dalam jumlah besar dan sejumlah besar insulin. Setelah situasinya terbalik, bagaimanapun, pasien baik-baik saja.
- Sindrom hiperosmolar
Komplikasi Pada Ibu Hamil
Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri
Child Abuse and Neglect

Gejala dan Cara Mengatasi Hot Flashes
Kondisi ini sering terlihat pada lansia tidak mendapat perawatan dengan baik. Glukosa darah mereka meningkat karena dehidrasi berat dan fakta bahwa ginjal dari para lansia tidak dapat membuang glukosa seperti pada ginjal orang yang lebih muda. Darah menjadi seperti sirup kental. Orang bisa mati jika sejumlah besar cairan tidak dikembalikan. Mereka tidak membutuhkan insulin lebih untuk pulih. Setelah kondisi ini dibalik, kondisi orang dengan sindrom hiperosmolar ini dapat kembali ke keadaan normal.
- Hipoglikemia atau glukosa darah rendah
Komplikasi ini terjadi ketika pasien menggunakan obat seperti insulin atau obat penurun glukosa tapi tidak mendapatkan cukup makanan atau berolahraga terlalu banyak. Setelah turun di bawah 70 mg / dl, kondisi pasien mulai merasa buruk. Gejala umum termasuk berkeringat, denyut jantung yang cepat, kelaparan, gugup, kebingungan, dan koma jika glukosa rendah berkepanjangan. Asupan glukosa melalui mulut, atau dengan injeksi vena jika orang tersebut tidak sadar, adalah pengobatan biasa. Komplikasi ini biasanya tidak menimbulkan kerusakan yang permanen.

3. Komplikasi jangka panjang
Masalah ini terjadi setelah sepuluh tahun atau lebih pada pasien diabetes yang tidak terkontrol dengan baik atau, dalam kasus komplikasi makrovaskuler, setelah bertahun-tahun pradiabetes atau diabetes. Komplikasi jangka panjang memiliki dampak besar pada kualitas hidup pasien diabetes. Setelah komplikasi terjadi, penyembuhannya sangat sulit dilakukan.
Komplikasi jangka panjang dibagi menjadi dua kelompok:
-mikrovaskuler yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil, dan
-makrovaskuler, berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah besar.

Komplikasi mikrovaskuler meliputi:
Diabetic retinopathy: Kerusakan mata yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati.
Nefropati diabetik: Kerusakan ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.
Neuropati diabetik: Kerusakan saraf yang menghasilkan banyak gejala klinis, yang paling umum di antaranya kesemutan dan mati rasa di kaki. Kurangnya sensasi di kaki dapat mengakibatkan cedera parah tanpa kesadaran kecuali jika anda hati-hati melihat kaki anda secara teratur. Cedera tersebut dapat mengakibatkan infeksi dan bahkan amputasi.

Komplikasi makrovaskuler juga terjadi pada pradiabetes dan terdiri dari:
Penyakit jantung arteriosclerotic: Penyumbatan pembuluh darah jantung. Ini adalah penyebab paling umum kematian pada diabetes karena serangan jantung.
Penyakit serebrovaskular arteriosclerotic: Penyumbatan pembuluh darah ke otak, mengakibatkan stroke.
Arteriosclerotic vaskular perifer, penyakit yang melibatkan pembuluh darah dari kaki: Pembuluh darah dapat menjadi tersumbat dan mengakibatkan amputasi kaki atau tungkai.

Jika anda dapat mengontrol kadar glukosa darah, tidak ada komplikasi yang perlu terjadi. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol anda juga membantu mencegah komplikasi.

By : Yedi sugianto.
Ketua cabang ASPETRI(Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia)

Info, Kesehatan lain di http://qbomadblack.blogspot.com, ikuti juga http://levportas.blogspot.com n http://pilihoke.blogspot.com

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar