SEARCH

ShareThis

Minggu, 23 Desember 2012

Pengetahuan ttg Jantung

Pengertian kardiovaskuler..
Sistem kardiovaskuler adalah susunan organ yang terdiri dari jantung  yang terdiri dari jantung yang berfungsi sebagai pompa dan pembuluh darah sebagai sistem sirkulator (alat peredaran darah yang berfungsi di seluruh tubuh).
Sedangkan arti harfiah sistm kardiovaskuler , terdiri dari tiga kata yaitu sistem dari bahasa inggris: system (susunan), kardio dari bahasa yunani: cardia (jantung), vaskuler dari bahasa inggris: vascular (pembuluh darah).

ANATOMI FUNGSIONAL  JANTUNG
Jantung terdiri dari empat kamar, antara lain 2 atrium sebagai pompa primer bagi ventrikel yang dimana bila ada darah akan berkontaraksi di alirkan ke ventrikel. Dan 2 ventrikel yang mengalirkan darah ke paru-paru.
Mekanisme kerja jantung: otot atriu -lebih cepat kontraksinya.
Otot atrium –  lebih lambat kontraksinya.
Denyut jantung paling keras terjadi pada saat atium berkontraksi, dimana sifat umum jantung sesuai dengan hukum all or one (jika satu bagian terkena rangsang maka akan berkontraksi seluruh otot)

Fungsi Jantung

Jantung kanan berfungsi dalam memompa darah ke paru-paru serta mengambil O2 dan melepas CO2. Jantung kiri berfungsi dalam memompa darah ke jaringan sel tubuh untuk proses sirkulasi.
Faktor yang Mempengaruhi Fungsi Jantung
-          Pengaruh ION
-          Pengaruh Suhu
-          Kelainan Bunyi Jantung
-          Klasifikasi Fisiologik
-    Syok Kardiogenik
SIKLUS JANTUNG
Siklus jantung terdiri atas dua periode. Periode yang pertama adalah periode relaksasi atau diastole dimana darah masuk ke jantung, dan periode kontraksi atau systole ketika atrium mengalirkan darah. Tiap siklus terdiri dari potensial aksi dari simpul sinaetrial (SA node)     –    atrium  -   berkas atrium-ventrikel(AV)   –   ventrikel   –   serabut purkinje. Bila jantung diikat SA node lebih cepat dibandingkan dengan ventrikel. Siklus dapat direkam dalam elektrodiogram (EKG) sehingga di dapatkan gambaran kelainan jantung seseorang.

Info, Kesehatan lain di http://qbomadblack.blogspot.com , ikuti juga http://levportas.blogspot.com dan http://pilihoke.blogspot.com

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar